ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN BED LOAD PADA PELABUHAN PENDARATAN IKAN (PPI) LOGENDING KABUPATEN KEBUMEN

Trisna Putri Pratiwi, Wahyu Widiyanto, dan Sanidhya Nika Purnomo
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto

Sungai Ijo bermuara di Pantai Logending Kecamatan Ayah. Sungai ijo memiliki beberapa percabangan yang semuanya bermuara di Pantai Logending. Dengan adanya pelabuhan ikan yang dibangun di Pantai Logending, maka perlu adanya kontrol sedimen yang masuk ke pelabuhan ikan tersebut. Untuk itu analisis laju sedimen dasar perlu dilakukan untuk mengetahui besar sedimen dasar yang terbawa ke pelabuhan ikan Pantai Logending.
Penelitian ini menggunakan rumus Einstein dan rumus Frijlink. Analisis yang dilakukan adalah besar laju sedimen bed load yang terjadi di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Logending, Kebumen. Dari hasil analisis ini akan diketahui kelayakan pelabuhan dari segi sedimentasi yang terjadi. Apabila kolam labuh terlalu dangkal maka kapal tidak dapat mendarat di pelabuhan, sehingga perlu adanya kontrol sedimen. Ukuran butiran yang digunakan untuk menganalisis angkutan sedimen menggunakan rumus Einstein menggunakan d35. Sedangkan pada analisis menggunakan rumus Frijlink, ukuran butiran yang digunakan untuk analisis adalah d90 dan d50.
Hasil analisis menggunakan rumus Einstein menunjukkan besar angkutan sedimen bed load sebelum masuk kolam labuh PPI Logending yaitu sebesar 574,07 ton/hari, dan angkutan sedimen bed load pada break water (keluar kolam labuh) PPI Logending sebesar 184,71 ton/hari. Sedangkan hasil analisis menggunakan rumus Frijlink didapatkan angkutan sedimen bed load sebesar 49,47 ton/hari sebelum masuk ke kolam labuh PPI Logending, dan angkutan sedimen bed load pada break water pelabuhan (keluar kolam labuh) sebesar 25,21 ton/hari. Hasil analisis menggunakan rumus Einstein dan rumus Frijlink memiliki kesamaan yaitu sedimen bed load mengendap saat memasuki PPI Logending. Akan tetapi nilai yang dihasilkan berbeda, hal ini dipengaruhi oleh ukuran butiran sedimen yang digunakan untuk analisis.
Katakunci: sedimen, bed load, pelabuhan, PPI Logending

Posted in Arsip.

Forum Diskusi